Friday, October 26, 2018

Mengapa Kita Harus Menyertakan Sumber Ketika Mengutip Karya Orang Lain

www.ghaducawa.blog

Plagiat merupakan istilah yang disebutkan untuk orang yang mengambil karya orang lain tanpa meminta ijin pemilik karya, namun tindakan plagiat bukannya makin berkurang malah semakin bertambah disetiap harinya.

Padahal sudah ada ketentuan yang memudahkan kita untuk terhindar dari copyright, yaitu dengan cara menyertakan sumber dari karya yang kita ambil. Namun kenapa masih banyak sekali yang melanggar hal tersebut? Jawabannya adalah karena masih banyak orang yang belum benar benar memahami tentang arti copyright atau plagiat, kebanyakan orang masih mengganggap bahwa copy-paste merupakan tindakan yang biasa serta wajar untuk dilakukan.

Padahal jika kita lihat lebih dalam, tindakan plagiat merupakan salah satu tindakan yang melanggar hukum seperti yang dijelaskan pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta bisa kalian baca disini : Undang Undang Tentang Hak Cipta

Dampak yang dihasilkan dari tindakan plagiat bukan hanya dirasakan oleh pemilik karya tetapi akan dirasakan juga oleh pelaku plagiat, berikut ini dampak yang akan didapat oleh pemilik karya dan pelaku plagiat.

✸ Pemilik Karya 

  1. Pemilik karya akan merasa dirugikan karena karya yang telah dibuat dengan susah payah telah dipalgiat oleh orang lain, dan yang paling mengerikan karya akan disalah gunakan.
  2. Nama pemilik karya akan dilupakan dan akan digantikan oleh pelaku plagia yang lebih populer.
  3. Karya tidak memiliki harga lagi, karena karya disebarluaskan oleh tanpa menyertakan sumber yang jelas menyebabkan karya akan tidak berharga lagi karena sudah terlalu banyak di palgiat oleh orang lain.


✸ Pelaku Plagiat

  1. Pelaku Plagiat jika dilaporkan akan mendapat hukuman karena tindakan plagiatnya.
  2. Kreativitas pelaku plagiat akan hilang karena pelaku plagiat sudah terbiasa melakukan plagiat karya orang lain.
  3. Pelaku plagiat tidak akan berkembang karena dengan melakukan plagiat karya orang lain karya mereka tidak akan bisa benar benar berjalan dengan maksimal, karena sebuah karya hanay akan bisa dijelaskan oleh pemilik karya asli.



Untuk kalian yang masih terus melanjutkan tindakan plagiat atau copy-paste untuk keperluan tugas atau keperluan apapun segeralah menyudahinya, karena dengan melakukan tindakan plagiat akan membuat daya kreatif kalian hilang.

Buatlah karya seoriginal mungkin dan seunik mungkin agar kalian mudah diingat dan dihargai oleh orang, seperti kata pepatah jadilah berbeda engkau akan diingat atau jadilah sama makan engkau akan menjadi terbelakang.


Baca Juga : Tips Kuliah Bisa Menghasilkan Uang