Thursday, September 6, 2018

Pemikiran Orang Kampung


www.ghaducawa.blog

Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang keresahan yang saya rasakan selama ini, saya tinggal di didaerah yang termasuk masih dalam sebutan kampung.

Dikampung saya bisa lebih merasakan apa yang dinamakan ramah tamah, kepedulian, rasa kekeluargaan serta kerukunan antar tetangga, walaupun ada saja masalah yang sering timbul tetapi dikampunglah tempat terbaik untuk belajar toleransi.

Hidup di daerah kampung sedari saya kecil sampai sekarang, membuat saya menjadi pribadi yang suka menolong serta penuh rasa toleransi. Saya tidak pernah sekalipun memilih memilih teman baik dari segi agama, adat, ras bahkan dari hal apapun, saya bisa berteman dengan siapa saja. 

Hidup di kampung banyak mengajarkan saya untuk dapat hidup dimana saja serta disituasi apa saja, karena saya dari kecil berada dilingkungan yang sangat mendukung saya dalam hal apapun.

Begitu banyak energi positif yang saya dapatkan selama saya hidup di kampung, tetapi ada satu yang membuat saya sedikit tidak suka dengan pemikiran orang  kampung yang menurut saya tidak sejalan dengan pemikiran otak saya.

Setiap hari saya selalu memikirkan hal itu, ada apa dengan pemikiran orang yang tinggal di kampung? 

Oh iya walaupun saya tinggal di daerah yang masih kampung tetapi saya disekolahkan di tempat yang menurut saya tidak kalah dengan sekolah yang ada di kota kota besar. Sehingga perilaku saya tidaklah terlalu kampungan.

Hal yang membuat saya sedikit tidak suka dengan pemikiran orang kampung adalah, orang kampung itu lebih suka kerjamenggunakan otot ketimbang otak, ya maklumlah dikampung saya masih banyak yang orang yang menyepelekan pentingnya sekolah. Rata rata anak anak disana setelah lulus smp lalu pergi merantau, padahal menurut saya dengan pengatuhuan yang sangat minim mereka tidak akan mendapatkan posisi kerja yang bagus serta dengan gaji yang bagus pula.
www.ghaducawa.blog

Ada lagi hal yang paling tidak saya suka dari pemikiran orang kampung adalah mereka seakan menolak adanya perkembangan teknologi, karena setiap mereka melihat perkembangan teknologi mereka tidak mau untuk mencobanya, padahal itu bisa membantu menyelesaikan tugas mereka dengan lebih cepat.

Seperti halnya ketika orang kota bisa menggunakan mesin untuk memanen padi, orang orang kampung malah memilih untuk menolak teknologi itu dengan alasan dengan adanya mesin itu akan merugikan para buruh panen. Iya memang harusnya begitu tetapi dengan menggunakan mesin bisa sangat memudahkan serta mempercepat waktu memanen, dengan begitu bisa melakukan penanaman padi lagi.

Iya sama memahami setiap perkembangan tekonlogi pasti ada dampak baik dan buruknya, tetapi jangan sampai Kita menutup diri bahkan menolak perkembangan teknologi. Seharusnya Kita dengan adanya teknologi yang baru Kita juga harus bisa memanfaatkannya dong, bahkan Kita seharusnya bisa menjadi lebih kreatif.

Keresahan saya yang terahir adalah ketika saya memakai laptop untuk membuat postingan blog saya, saya selalu diremehkan dengan kata kata "setiap hari cuma di dalam kamar mainan laptop saja" Padahal saya sering sekali membjelaskan "saya membuat postingan blog saya supaya saya bisa mendapatkan uang" tetapi mereka selalu tidak percaya padahal saya sering menjelaskannya dengan panjang lebar.

Dengan keadaan diatas saya bisa menyimpulkan orang yang kampungan akan selalu mengejarkan pekerjaan yang pernah dilakukan orang tuanya atau sesepuhnya saja mereka tidak berani melakukan hal yang berbeda menurut pesion mereka.Walaupun tidak semua orang kampung bersifat seperti yang saya jelaskan diatas. Tetapi Semoga dengan saya cerita kan keresahan saya selama ini bisa membuka mata seluruh masyarakat yang selalu menolak perkembangan teknologi, apalagi sekarang udah masuk pasar bebas, maka diharap seluruh masyarakat untuk tidak GAPTEK atau gagap teknologi karena itu bisa sangat merugikan.

Semoga seluruh masyarakat Indonesia bisa secara menyeluruh merasakan kemudahan teknologi yang telah ada. Serta dapat memanfaatkannya dengan bijak dan baik.Jangan sampai Kita diperbudak oleh teknologi, karena teknologi diciptakan untuk membantu Kita buka menghancurkan kita.