Thursday, August 2, 2018

7 Gunung Untuk Pendaki Pemula


Baik kembali lagi bersama saya, ngomongin soal gunung mungkin akan terlintas bagaimana susahnya sampai ke puncak dan keindahan gunung setelah sampai ke puncak, oleh karena itu saya akan memberi rekomendasi nih untuk para pendaki pemula gunung apa aja sih yang bisa digunakan oleh para pendaki pemula.
Berikut adalah 7 rekomendasi pendakian gunung untuk pemula.

Gunung Andong (1.726 MDPL)


Sebelum mendaki gunung gunung yang tinggi serta terjal cobalah untuk mendaki gunung yang lebih bersahabat untuk para pemula, salah satu gunung yang ramah untuk pemula adalah Gunung Andong di Jawa Tengah dengan ketinggian 1.726 MDPL kalian hanya memerlukan waktu 2 jam untuk sampai kepuncak gunung andong. Tetapi jangan remehkan gunung andong ini, memang mungil tapi pemandangan dipuncak gunung andong Amazing banget, kalian bakal dikelilingi gunung gunung keren di Jawa Tengah seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran.


Gunung Papandayan (2.265 MDPL)


Sicantik yang mempesona hati para pendaki, kalian yang tinggal didaerah Jawa Barat pasti sangat setuju jika gunung Papandayan adalah gunung yang sangat cantik dan sangat ramah untuk semua pendaki baik pemula maupun yang sudah senior. Gunung Papandayan benar benar menjadi idola di ketinggian 2.265 MDPL, jalur pendakian yang akan kalian tempuh cukup ringan serta disuguhkan kemegahan kawah kawah gunung papandayan dan keksotisan hutan mat serta pada Edelwise yang sangat memukau banyak meluluhkan hati para pendaki.


Gunung gede (2.458 MDPL)


Masih di daerah Jawa Barat, gunung yang relatif pendek ini menyuguhkan lanscape  alam yang tidak kalah dengan keindahan gunung papandayan. Sama halnya dengan gunung papadayan, Gunung Gede pun menjadi idola pendaki masa kini, masa lalu bahkan masa pendatang:D, trek yang ringan, air terjum cimberem, sumber air panas serta padang edelwise merupakan yang menjadi alasan untuk mencapai puncak gunung gede walaupun memerlukan waktu sekitar 6 jam untuk sampai kepuncak gunung.


Gunung Penanggungan (1.653 MDPL)


Beralih ke jawa Timur bukan ke Gunung Semeru melainkan ke Gunung Penanggungan, meski hanya memiliki ketinggian 1.653 MDPL tetapi gunung ini bisa membuat kaki kalian menjadi terkewer kewer alias terseok seok, gunung penanggungan yang terletak di Mojokerto ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai kepuncak gunung penanggungan . Bagi pemula kalian harus benar benar hati hati dalam mendaki gunung ini meskipun pendek tapi gunung ini memlikik jalur yang cukup terjal, kalian akan menemui tanjakan dengan kemiring 65 Derajat.


Gunung Panderman (2.045 MDPL)


Mendaki gunung dengan riang gembira di Gunung Panderman di Jawa Timur, gunung ini cocok banget untuk para pendaki pemula karena memiliki jalur pendakian yang santai serta mulus hampir tidak ada rintangan yang menghadang dengan ini kalian bisa menggunakan gunung panderman sebagai latihan sebelum mendaki gunung yang lainnya. Walaupun untuk mencapai gunung panderman cukup mudah tetapi tidak akan mengurangi keindahan yang disajikan dari puncak gunung panderman ini terutama pada malam hari, indahnya lampu kota membuat kita ingat dengan mantan:D.

Gunung Prau (2.565 MDPL)


Merasakn menjadi Teletabish di Bukit Teletabish di Gunung Prau, siapa tau kalian bisa bertemu Dipsi, Lala atau Poo. Siapasih yang tidak mengenal Gunung Prau? Kepopulerannya sangat melegenda bis dibilang gunung prau yang terletak di Womosobo ini merupaka gunung semua umat, pemandangan dari puncak gunung prau sangat spektakuler menjadi daya tarik para pendaki selain itu gunung prau memiliki Golden Sunrise yang sudah tersohor seantero negeri. Gunung Prau ini memiliki traeck yang cukup pendek dan tidak terjal membuat gunung ini bisa didaki oleh siapapun, ketika kalian sampai puncak gunung prau kalian tidak akan melihat puncak kerucut khas gunung malainkan kalian akan melihat padang rumput luas layaknya bukit teletabish.

Gunung Ijen (2.443 MDPL)


Gunung Ijen juga bisa desebut dengan Kawah ijen, kalian bisa menyapa para pekerja penambang belerang di Gunung Ijen kalian kaan tahu betapa susahnya mencari uang rupiah. Gunung Ijen ini sangat terkenal dengan Blue fire dan Kawah Belerang yang sangat memukau siapapun yang melihatnya, dengan ketinggian yang tidak begitu tinggi kalian bisa mencapai puncak gunung hanya dalam waktu 2 jam dari Bascame Platidung, namun jika kalian ingin turun kebawah untuk melihat Blue Fire kalian harus menyiapkan tenaga ekstra, tetapi tenaga kalian tidak akan terbuang sia sia karena pemandangan yang sangat indah akan membayar lunas tenaga kalian.

Berikut merupakan rekomendasi gunung yang bisa di daki oleh pendaki pemula semoga bermanfaat terima kasih.